Bos Juventus Ingatkan Sepakbola Tak Hanya Bicara Taktik

0
66
Bos Juventus Ingatkan Sepakbola Tak Hanya Bicara Taktik

Turin – Usai memetik kemenangan penting di laga menghadapi Inter Milan dalam duel bertajuk Derby d’Italia dini hari WIB tadi, bos Juventus, Massimiliano Allegri, meluapkan emosinya saat media menanyakan soal taktik.

Si Nyonya Tua dalam beberapa pekan terakhir menuai kritikan karena Allegri dinilai telah membuat Tim Putih Hitam bermain pragmatis, dan terkesan defensif. Hal itu terlihat saat Juventus menuai hasil imbang lawan tim papan bawah, Crotone, dan kalah dalam duel krusial melawan Napoli, akhir pekan lalu.

Pelatih berusia 50 tahun itu kemudian dalam pernyataannya mengatakan bahwa sepakbola tak hanya berbicara soal taktik. Kualitas individu pemain disebut juga memiliki peran penting terhadap hasil laga sebuah tim.

“Kami bermain buruk pekan lalu [hadapi Napoli] dan ketika melawan Crotone. Tapi tidak mudah memenangi semua laga, kecuali jika Anda berharap kami mendapat 170 poin di akhir musim. Sepakbola sekarang ini terlalu banyak bicara soal taktik dan teori. Anda [media] sudah merusak permainan ini,” kecam Allegri, seperti dilasnir Mediaset Premium (29/04/2018).

“Lalu, apakah Anda berpikir bahwa rataan tekel, rataan umpan, dan rataan dribel membawa tim pada kemenangan? Kalau begitu, mari banyak bicara soal taktik dan mari kita bilang Lionel Messi sama sekali tak bisa apa-apa! Begitu juga Cristiano Ronaldo dan [Gonzalo] Higuain!”

“Anda tidak melihat kualitas individu pemain, tapi hanya melihat sistem permainan saja. Inilah yang melukai sepakbola Italia sekarang ini! Organisasi pertahanan memang penting, tapi tim juara, beserta para pemain di dalamnya yang punya kemampuan individual, layak mendapat kredit pula.”

“Faktanya Anda tak mau mempertimbangkan hal itu. Anda terus saja berbicara soal taktik dan tak melihat bagaimana pemain juara bermain. Jika sudah begitu, selesai sudah,” tandasnya emosional. (Edy – portalberitabola.com)