Gelandang Asing Mitra Kukar Mengaku Makin Betah di Indonesia

0
113
Gelandang Asing Mitra Kukar Mengaku Makin Betah di Indonesia

Palembang – Legiun asing Mitra Kukar, Danny Guthrie mengatakan bahwa dirinya makin betah berada di Indonesia, dan ingin terus memberikan tenaganya untuk Naga Mekes. Bahkan gelandang asal Inggris itu juga mengundang pemain asal Eropa yang ingin mencari tantangan untuk datang ke Indonesia.

Sosok berusia 31 tahun itu menjadi pilar penting bagi Mitra Kukar pada musim ini. Dalam pernyataannya, meski menilai Liga 1 memiliki level yang sama dengan League One Inggris (setara Liga 3), Guthrie merasa tantangan di Liga 1 lebih berat.

“Standar di sini mungkin seperti di League One atau Two. Tiap tim punya tiga pemain asing. Pemain lokal sangat bergairah, tapi minim kualitas teknik dan fisik. Fasilitas secara keseluruhan bagus. Sepakbola sangat luar biasa di sini. Anda bisa bermain di hadapan 50 ribu fans,” tutur Guthrie kepada laman (03/08/2018).

“Saya akan rekomendasikan [main di Indonesia] kepada pemain manapun yang kesulitan mendapat klub, atau ingin pengalaman baru seperti saya. Basis fans di sini sangat besar, dan kecintaannya luar biasa.”

Lebih lanjut, Guthrie juga mengaku tak memiliki masalah dengan perbedaan budaya maupun kuliner di Indonesia. Bahkan Guthrie mengatakan bahwa istri dan kedua putranya juga merasa nyaman tinggal di Indonesia.

“Perbedaannya sangat mencolok, tapi memang ini yang saya cari. Saya menginginkan sesuatu yang baru. Ini negara yang religius dengan mayoritas beragama Islam, sehingga berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari,” jelas Guthrie.

“Nasi merupakan makanan utama di sini, jadi saya tidak menghadapi masalah. Saya mulai bicara sedikit bahasa Indonesia. Tidak banyak yang paham bahasa Inggris, sehingga saya perlu belajar.”

“Istri dan dua anak saya ada di sini. Mereka sangat suka. Kami punya guru pribadi untuk anak-anak, dan mereka setiap hari bermain di kolam renang. Ini sangat bagus untuk mereka. Saya memang merindukan keluarga saya, serta ingin segera pulang, dan bertemu dengan teman-teman. Tapi saya sama sekali tidak terlalu ingin pulang.”

“Saya sangat senang, dan tidak berminat untuk kembali ke Inggris dalam waktu dekat. Banyak kesempatan bagi saya di sini. Saya ingin tetap berada di luar negeri, dan berbuat sesuatu yang bisa dikenang.” pungkasnya. (Edy – portalberitabola.com)